Kurikulum pendidikan tinggi perlu disesuaikan dengan perkembangan era digital untuk menghadapi fenomena Revolusi Industry 4.0. Menghadapi hal tersebut, Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah Palembang berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melaksanakan kegiatan Pemantapan Kurikulum Program Studi Sistem Informasi melalui Zoom meeting pada tanggal 07 Juni 2022.
Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Dr. Munir, M.Ag., Wakil Dekan I Dr. Irham Falahudin, M.Si., Wakil Dekan II Dr. Delima Engga Maretha, M. Kes., AIFO., Wakil Dekan III Dr. Muhammad Isnaini, M.Pd., Dosen dan tenaga pendidik serta staf Fakultas Sains dan Teknologi. Pada kegiatan ini, Program Studi Sistem Informasi menghadirkan Bapak Prihandoko, MIT, PhD sebagai pakar kurikulum sistem informatika dari Universitas Gunadarma.
Pada sambutannya Dr. Fenny Purwany, M.Kom. selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini semoga memudahkan program Sistem Informatika dalam merumuskan kurikulum yang mengakomodasi kompetensi era revousi industri 4.0. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Munir, M.Ag. pada sambutannya juga mengharapkan melalui kegiatan ini Program Studi Sistem Informasi memperoleh masukan dari narasumber mengenai visi-misi, profil lulusan serta learning outcomes ke depan sesuai tuntutan kebutuhan job skill di era revousi industri 4.0. Beliau menyampaikan bahwa Program Studi Sistem Informasi perlu memantapkan nilai-nilai dan strategi untuk menghasilkan lulusan yang profesional, inovatif dan sesuai tuntutan kebutuhan job skill.
Selanjutnya, pemaparan disampaikan oleh Bapak Prihandoko, MIT, PhD. Bapak Prihandoko, MIT, PhD menyampaikan bahwa ada beberapa hal harus diperbaiki dari kurikulum yang telah disusun oleh Program Studi Sistem Informasi. Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa sasaran perguruan tinggi pada sekarang ini bukan lagi calon mahasiswa, akan tetapi pemakai jasa lulusan. Pada kesempatan ini Bapak Prihandoko, MIT, PhD juga menekankan konsep dan implementasi kurikulum OBE (Outcome-Based Education). Beliau menjelaskan kurikulum OBE merupakan kurikulum yang berfokus pada pencapain mahasiswa pada akhir pembelajaran dan beberapa keunggulan lain dari kurikulum OBE. Sesi pemaparan oleh narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan rangkaian kegiatan diakhiri dengan doa dan penutup. (SS)