ASAP CAIR: INOVASI PENGAWET MAKANAN ALAMI DOSEN FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

HUMAS-FST– Seorang dosen memiliki kewajiban untuk melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian Kepada Masyarakat. Kewajiban ini tentu saja bukan hanya sekedar formalitas sebagai penggugur kewajiban semata, tetapi juga harus memilik nilai kebermanfaatan agar Tri Dharma yang dilakukan dapat menjadi nilai yang positif bagi perkembangan masyarakat, bangsa, dan negara.

Salah satu dosen program studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah Palembang, Maryamah, M.T., melihat adanya peluang dalam berinovasi dengan melihat banyaknya limbah biomassa di lingkungan sekitar yang belum termanfaatkan dengan baik serta maraknya penggunaan pengawet makanan yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti formalin dan boraks. Bersama dengan tim penelitiannya yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, beliau mencoba untuk membuat pengawet makanan yang aman dikonsumsi dan dengan memanfaatkan limbah biomassa yang berlimpah.

Dalam podcast One Day One Innovation yang diselenggarakan oleh Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan (14/09/2021), Maryamah menjelaskan proses pembuatannya yaitu dilakukan preparasi sampel terlebih dahulu, selanjutnya dilakukan pirolisis, lalu akan dihasilkan asap cair grade 3, selanjutnya asap cair grade 3 diproses kembali sampai menghasilkan asap cair grade 1. Asap cair inilah yang dapat digunakan sebagai pengawet alami makanan yang aman dikonsumsi oleh masyarakat. Lebih lanjut, Maryamah menyampaikan bahwa asap cair ini dapat diaplikasikan pada makanan pempek yang merupakan icon khas kota Palembang. Selain dapat membuat lebih tahan lama, asap cair ini juga mampu mengurangi aroma ikan pada pempek, sehingga aroma ikannya tidak terlalu menyengat. (BnR)

PENGUATAN KELEMBAGAAN DENGAN TERBITNYA TIGA PEDOMAN DASAR BIDANG AKADEMIK UIN RADEN FATAH PALEMBANG DI LAMPUNG

Penguatan Kelembagaan menjadi hal yang utama untuk menjaga mutu pendidikan di Perguruan Tinggi. Hal ini selalu dilakukan oleh Tim Akademik UIN raden Fatah Palembang untuk membuat dan merevisi beberapa buku pedoman yang berkaitan dengan bidang akademik.  Sejak tahun 2020, tim akademik sudah menggodok beberapa pedoman untuk peningkatan kualitas layanan akademik kepada masyarakat. Buku pedoman yang dibuat berguna bagi lembaga UIN Raden Fatah Palembang untuk menyusun strategi percepatan kuliah bagi mahasiswa dan mendukung kualitas lulusannya dengan memberikan surat keterangan keterampilan lainnya yang dimiliki oleh Mahasiswa untuk dapat bersaing didunia kerja nyata.

Penguatan kelembagaan yang dilakukan oleh tim akademik adalah menyusun dan merevisi buku Pedoman Akademik UIN Raden Fatah dengan ketua tim Dr. Irham Falahudin, MSi, penyusunan pedoman SKPI (Ketua Tim Dr. Amilda, M.Hum) dan penyusunan pedoman kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (ketua Tim: Dr. yenrizal, M.Si). Kegiatan ini telah dilaksanakan di Hotel Horison Lampung selama tiga hari (3-5/9/2021). Kegiatan ini telah di buka seara langsung oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain WR 1, WR2, Kepala Biro AUPK dan AAKK, Seluruh WD 1 di lingkungan UIN Raden Fatah, Sekretaris Senat dan Panitia dari BAAK. Dalam sambutannya rector berharap dari pedoman yang dirancang dan sudah disusun perlu dirancang strategi dan penguatan lainnya agar bias terlaksana dengan baik. Perlu di sosialisasikan ke segenap sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang.

Hasil diskusi yang panjang dan hanpir satu tahun, agenda pengesahan ketiga pedoman tersebut menjadi momen penting untuk menjadi cirri khas UIN Raden Fatah Palembang dengan UIN lainnya. Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Senat bahwa semua pedoman yang dibuat pada prinsipnya didukung agar peningkatan kualitas akademik juga dibarengi dengan kualitas sarana pendukungnya ujar Dr. Komaruddin, M.Ag (Sekretaris Senat). Dengan demikian semua pedoman menjadi rujukan sivitas akademika UIN raden Fatah Palembang untuk melaksanakan kegiatan akademik di kampus ini.

Akhirnya dengan suara bulat dari seluruh peserta yang hadir dapat menyetujuinya. Pada saatnya nanti akan disosialisasikan dan diseminasikan secara berkelanjutan oleh tim akademik kepada semua sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang secara bertahap, agar pada tahun 2021 ini secara serentak pemberlakuannya. Diakhir acara, secara simbolis masing-masing pedoman diserahkan kepada pihak rektorat dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor I (Dr. Muhammad Adil, MA.) untuk dibuatkan SK rektornya (irhamf/tim akademik)

PRODI BIOLOGI MENGIKUTI KONGRES NASIONAL ASOSIASI DOSEN BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI PTKI DI JAMBI

HUMAS-FST– Asosiasi Dosen Biologi dan Pendidikan Biologi merupakan salah satu wadah berhimpun dosen-dosen biologi dan pendidikan Biologi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI. Berdasarkan hasil rapat koordinasi pengurus, maka ditunjuklah Prodi Pendidikan FITK UIN Jambi sebagai tuan rumah untuk melaksanakan kegiatan Kongres Nasional ADBPB tahun 2021. Dengan berakhirnya kepengurusan asosiasi masa bakti 2018-2021, maka dilaksanakan Kongres Nasional untuk bermusyawarah pemilihan pengurus selanjutnya periode tahun 2021-2024.

Kongres Nasional Asosiasi Dosen Biologi dan Dosen Pendidikan Biologi Tahun 2021 telah dilaksanakan di UIN Jambi pada tanggal 2-3/9/2021. Acara dilaksanakan bersamaan dengan Seminar Nasional di Prodi Pendidikan Biologi UIN Jambi, dengan tema   “Optimalisasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Bagi Dosen P. MIPA dan ADBPB di Lingkungan PTKI dalam Upaya Peningkatan Peringkat Akreditasi 9 Kriteria”.  Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FITK UIN Jambi (Dr. Fadhillah, MA), dengan system semi daring. Kegiatan Seminar dilaksanakan secara daring, sedangkan kongres dilakukan secara semi daring, hadir peserta luring dari UIN Raden Fatah Palembang diwakili oleh Ketua Prodi (M. Lutfika Tondi, M.Sc) dan WD I FST (Dr. Irham Falahudin, M.Si/Wakil Ketua II), Ketua Prodi Biologi UIN Bandung, Ketua Prodi Biologi UIN Jakarta, UIN Makasar dan IAIN Kerinci dan tuan rumah UIN Jambi.

Kongres dilaksanakan secara semi daring diikuti oleh 14 PTKI dari 19 PTKI anggotanya. Secara umum kongres memutuskan bahwa pelaksanaan ini telah memenuhi kuorum, sehingga kongres tetap berlangsung. Kongres dipimpin oleh Ketua (Dr. Mashuri Masri, M.Kes), Wakil Ketua (Dr. Irham Falahudin, M.Si) dan Sekretaris (Dr. Tri Cahyanto, M.Si) yang hadir secara luring memimpin jalannya siding. Kegiatan dimulai dengan evaluasi laporan program kerja tahun 2018-2021, selanjutnya evaluasi diberikan oleh anggota untuk pimpinan kedepan.  Secara umum, hasil kongres memilih secara aklamasi Dr. Mashuri Masri, M.Kes (ketua lama) untuk menjadi ketua formatur menyusun kepengurusan asosiasi masa bakti 2021-2024 kedepannya dengan melihat kebutuhan asosiasi dosen biologi dan pendidikan Biologi. Kongres ini menjadi penting untuk menjalin networking antar perguruan tinggi serta tindak lanjut untuk kegiatan MBKM antar prodi di PTKI. Oleh karena itu, hasil kongres ini menjadi penting bagi prodi Biologi UIN Raden Fatah Palembang yang lagi mempersiapkan rekareditasi criteria 9 seusai dengan hasil seminar dan kongres untuk memberikan penguatan kepada lembaga prodi (irhamf/2021).

UIN 18

PENGUMUMAN: PEMBAGIAN KELAS UNTUK MAHASISWA BARU T.A. 2021/2022

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Tahun Ajaran 2021/2022, maka berikut kami sampaikan pembagian kelas untuk mahasiswa baru (Semester I).

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

PROGRAM STUDI KIMIA

PROGRAM STUDI BIOLOGI

Screenshot_19

UPGRADING ORGANISASI MAHASISWA INTRA KAMPUS (OMIK) FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI 2021 SECARA DARING

FST – Rabu, 3 Agustus 2021 seluruh anggota OMIK Fakultas Sains dan Teknologi telah melaksanakan acara Upgrading OMIK 2021 secara online. Tema yang diusungkan ialah “Bersinergi dalam menghidupkan OMIK Fakultas SAINTEK yang berkualitas dan berintegritas”.

Acara Upgrading ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Wakil Dekan 3, Kasubbag Akademik, Kabag dan kasubag TU, Kaprodi Biologi, Kaprodi Kimia, Kaprodi Sistem Informasi . Acara pelantikan ini dibuka langsung oleh Bapak Dr. Munir, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi. Dalam sambutannya Bapak Dr. Munir, M.Ag. mengatakan bahwa baik DEMAF, SEMAF serta HMPS dapat memberikan program kerja yang bermutu, konsisten , dan dapat dijalankan dengan baik. Sehingga dapat mengangkat nama Fakultas Sains dan Teknologi. Kegiatan selanjutnya, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari dua narasumber yang diundang yaitu PPK UIN Fatah Hidayat, S.Ag., M.Pd.I. dan PLT Kabag TU FST  Zulhamdi Hasbi Tanjung, S.E., M.M.. Adapun tema yang dibahas ialah Pengembangan administrasi dan pengelolaan keuangan OMIK. Sehingga memberikan wawasan lebih  mengenai pengembangan administrasi dan pengelolaan keuangan bagi OMIK.

Berikut kesimpulan dari kedua narasumber.

  1. PPK UIN Fatah Hidayat, S.Ag., M.Pd.I.

Didalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tentunya akan selalu di support baik dari rektorat maupun dekanat. Untuk itu mahasiswa akan mengajukan proposal yang ditujukan pada rektor ataupun dekan. Pengajuan proposal bermaksud memberi informasi terkait kegiatan yang dibuat serta kebutuhan dalam kegiatan. Setelah itu petinggi universitas maupun fakultas akan memberikan masukan baik dari segi teknis juga administrasi.

  1. PLT Kabag TU FST Zulhamdi Hasbi Tanjung, S.E., M.M..

Kegiatan PBAK 100 % dilaksanakan oleh mahasiswa, tetapi dilapangan juga melibatkan para petinggi baik rektor, dekan dan jajarannya. Sehingga mahasiswa dapat mengembangankan diri dalam administrasi dan pengelolaan keuangan  karena diawasi langsung oleh petinggi universitas. Adapun mengenai peraturan yang diberlakukan untuk mahasiswa selalu bersifat transparan dan peraturan tersebut juga langsung disampaikan oleh kementrian agama dan kantor pusat terkait.

Kegiatan selanjutnya ialah pemaparan program kerja dari SEMAF, DEMAF, HMPS Kimia, HMPS Sistem Informasi, dan HMPS Biologi.

Screenshot (271)

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI MELAKUKAN DISKUSI DARING DENGAN PT PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT (RU) III PLAJU PALEMBANG UNTUK MEMBANGUN MITRA SECARA SINERGI DAN BERKELANJUTAN UNTUK MENDUKUNG PROGRAM PROPER EMAS

Peningkatan kualitas SDM Mahasiswa, Dosen dan Tenaga Kependidikan dalam bentuk Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pelatihan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat selalu diupayakan oleh pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah Palembang. Sejak berdirinya Fakultas Sains dan Teknologi, secara kelembagaan Fakultas Sains dan Teknologi sudah berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan oleh PT. Pertamina wilayah Sumatera Selatan. Periode pertama kepemimpinan di FST, telah ikut program PT. Pertamina profer hijau pada tahun 2019 seperti edukasi pengurangan sampah plastik berbasis modul di kota Palembang, verifikasi dan validasi auditor proper hijau di Plaju.

Program PT. Pertamina (persero) sebagai bagian dari BUMN memiliki kepedulian terhadap pembangunan manusia sebagai bentuk tanggungjawab sosial untuk membantu pemerintah Indonesia untuk memperbaiki indeks Pembangunan Manusia untuk membantu pencapaian target pembangunan Millenium Development Goals (MDGs). Setidaknya ada empat program yang bisa diikuti oleh Fakultas Sains dan Teknologi dalam beraprtisipasi untuk bermitra dalam kolaborasi kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) seperti kegiatan Pertamina goes to campus, pertamina dengan pendampingan atau pemberdayaan masyarakat, pertamina dan lingkungan. Dengan adanya sumber daya manusia (dosen dan mahasiswa) yang memiliki keahlian dibidangnya, maka Fakultas Sains dan Teknologi melakukan diskusi secara daring dengan pimpinan PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) III Plaju untuk menindaklajuti bentuk sinergi dari penjajakan kerjasamanya.

Kegiatan ini telah dilaksanakan secara daring menggunakan virtual meeting zoom pada hari selasa (3/08/2021). Hadir pada acara tersebut antara lain pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi beserta jajarannya dan pimpinan PT. Pertamina diwakili oleh Bapak Suhandra dan tim. Diskusi dimulai dengan sambutan Dekan FST (Dr. Munir, M.Ag), dalam sambutannya Dekan menyampaikan bahwa dengan SDM Dosen yang memadai dan laboratorium Terpadu yang modern, FST siap untuk bekerjasama dan ikut berpartisipasi dalam program-program yang ada di PT. Pertamina Palembang. Setalah sambutan dilanjutkan dengan presentasi bentuk kemitraan yang telah dilakukan Fakultas Sains dan Teknologi dengan PT. Pertamina RU III Palembang yang disampaikan oleh Dr. Irham Falahudin, M.Si. (Wakil Dekan 1). Sejak tahun 2019 sudah ada beberapa kegiatan yang dipercayakan oleh PT. Pertamina kepada tim dosen FST UIN Raden Fatah Palembang. Selanjutnya pemaparan dari masing prodi yang diwakili oleh ketua prodi yang ada di FST memaparkan unggulan produk riset dan SDM yang dimiliki oleh masing-masing prodi untuk dapat berpartisipasi pada program-program kegiatan yang ada di PT. Pertamnia Plaju Palembang.

Diakhir diskusi,  Dekan mengundang suatu saat jika memungkinkan pimpinan PT. Pertamina Paju Palembang untuk bisa melihat secara luring fasilitas dan SDM yang ada di FST UIN Raden Fatah Palembang. Hal yang sama juga disampaikan oleh pimpinan PT. Pertamina RU III Plaju Palembang mengundang Pimpinan FST dan Dosen untuk hadir secara luring nantinya ke Pertamina untuk pembicaraan lebih lanjut penjajakan bentuk kerjasama yang bisa disinergikan antara PT. Pertamina RU III Paju Kota Palembang dengang Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah Palembang (irhamf/wd1)

WhatsApp Image 2021-07-25 at 21.17.38

SEPENGGAL CATATAT DARI NATIONAL SUSTAINABILITY UNIVERSITY LEADER MEETING UNTUK MENUJU KAMPUS InSANI DI UIN RADEN DATAH PALEMBANG UII JOGJAKARTA

Pada masa pandemi ini, banyak kegiatan yang dimodifikasi dan diinovasi dalam mewujudkan kampus berkelanjutan. Begitu juga dengan kegiatan dan agenda UI Green Metric. UI GreenMetric, merupakan suatu sistem Pemeringkatan sukarela yang diinisiasi oleh Universitas Indonesia pada 2010 yang lalu. Sistem ini menilai kampus-kampus di seluruh dunia yang telah melakukan upaya penurunan emisi karbon untuk mencegah dampak perubahan iklim dan akhirnya mendapatkan predikat “kampus hijau dan berkelanjutan”. Untuk mewujudkan hal tersebut telah dilakukan beberapa kegiatan series UI Green Metric baik dalam skala nasional maupun internasional. Salah satu pertemuan yang digagas adalah National Sustainabilty University Leader Meeting pada tahun 2021 yang telah berlangsung selama dua hari (21-22 Juli 2021) di Universitas Islam Indonesia Jogjakarta sebagai tuan rumahnya. Agenda tahunan ini mengundang para rektor/pimpinan perguruan tinggi untuk merumuskan dan berbagi pengalaman dalam pengelolaan kampus hijau di tempatnya masing-masing. Para pimpinan perguruan tinggi berbagi pengalaman bagaimana perhatian para pemimpin universitas atau akademisi tentang lingkungan hidup, mulai dari soal perubahan iklim, hemat air dan energi, pengolahan sampah, dan transportasi ramah lingkungan.

Oleh karena itu, pada pertemuan kali ini banyak pakar dari beberapa perguruan tinggi yang berbicara tentang pengelolaan kampus hijau berkelanjutan. Narasumber pertama dari UI Green Metric (Junaidi, MA) menjelaskan indikator penilaian pada UI Green Metric tahun 2021 dimasa pandemi dengan indikator tambahan. Pada tahun ini banyak penambahan indikator penilaian yang menyesuaikan pada masa pendemi Covid 19 ini. Selanjutnya Drs. Suwarsono, MA (UII Jogjkarta) mengantarkan diskusi dengan tema kepemimpinan alami dalam kapitalis relijius (membangun keseimbangan dinamis berkelanjutan) bahwa pemimpin dapat memilih model kepemimpinan yang kalah penting makro adalah pilihan kapitalisme yang dianut oleh negara dimana organisasi tersebut berada oleh organisasinya sendiri. Mustahil dalam dalam kapitalisme politik dijumpai kepemimpinan alami alami. Kedua dia menyampaikan kepemimpinan terbuka adalah kepemimpinan ekstraktif (ekspolitatif). Dari sini kegagalan organisasi, negara, atau peradaban dapat bermula. Dalam konteks sini ini kepemimpinan dilihat sebagai aktor sejarah yang tetap memiliki independensi dalam melakukan pilihan -pilihan jalan , tetapi juga disadari bahwa berbagai pilihan yang dibuat itu tidak sepenuhnya sepenuhnya bebas, melainkan terkendala, bahkan terbatasi oleh  struktur yakni model kapitalisme yang dipilih.

 

Berdasarkan uraian pertama, Narasumber kedua Dr. Aceng Hidayat, MT (sekretaris IPB) menyampaikan tentang Sustainable University: Elemen Penting, Mindset, Leadership. Bahwa Transformasi Universitas konvensional menjadi universitas berkelanjutan memerlukan pimpinan dengan growth mindset. Sustainable University Leader harus memiliki growth mindset. Oleh karena itu jika indikator visi sebaga iindikatornya, belum ada universitas di Indonesia yang dapat dikategorikan sebagai Sustainable University. Dengan pertemuan ini akan dapat mengubah mindset pimpinan Perguruan Tinggi tentang keyakinan (belieft), nilai, makna, atau informasi yang tersimpan dalam fikiran bawah sadarnya berupa data mengenai pentingnya membangun kampus yang berkelanjutan. Selanjutnya Dr. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng (WR III ITS) menekankan perlunya kolaborasi kampus hijau berkelanjutan disetiap perguruan tinggi. Dengan adanya kolaborasi ini akan mempercepat proses menuju kampus hijau berkelanjutan di beberapa perguruan tinggi. Sehingga kegiatan perankingan UI Green Metric tidak menjadi ajang kompetisi saja tetapi juga membangun sinergi secara bersama untuk membangun kampus hijau berkelanjutan di Indonesia.

UIN Raden Fatah Palembang, juga ikut berpartisipasi pada forum ini. Kegiatan National Sustainability University Leader Meeting Tahun 2021 di UII Jogjakarta ini, diwakili oleh Dr. Irham Falahudin, M.Si (Wakil Dekan 1 FST/Ketua Green Campus). Posisi saat ini UIN Raden Fatah Palembang masuk dalam peringkat 4 kampus hijau di PTKI, 50 besar secara nasional kampus hijau dalam ranking UI Green Metric dan 350 ranking di dunia. Pada tahun 2021 ini UIN Raden Fatah Palembang akan kembali ikut berpartisipasi pada UI Green Metric semoga hasilnya ada perubahan peringkat kearah yang lebih baik. Oleh karena itu dalam meeting ini banyak perubahan dan diskusi yang menarik untuk masing-masing kampus meningkatkan keinginannnya untuk menjadi kampus hijau berkelanjutan di Indonesia. Dialog praktis yang disampaikan pada hari kedua diskusi, dari beberapa pembahasan materi dan nilai pentingnya membangun kampus hijau tersebut ada beberapa catatan yang disampaikan. Sepenggal catatan dari leader meeting ini adalah perlu membangun komitmen yang kuat dari pimpinan UIN Raden Fatah Palembang dalam membangun kampus hijau berkelanjutan. Setidaknya ada beberapa komitmen yang bisa dibangun oleh pimpinan dalam membangun kampus hijau berkelanjutan di UIN Raden Fatah Palembang.  Komitmen tersebut antara lain: 1) adanya sinergis antara pimpinan rektorat dan dekanat serta prodi untuk mendukung program kampus hijau berkelanjutan ini. 2) Perlu dibantuk suatu pusat atau lembaga khusus yang menjadi penggerak untuk menjadikan kampus hijau. 3) Perlu penataan dan pengembangan kampus sesuai dengan manajemen sustainable building system, dengan maket dan master plan yang jelas. 4) Didukung oleh pendanaan yang cukup untuk membangun sinergitas tersebut. 5) Nilai yang tidak kalah pentingnya adalah edukasi mengubah mindset seluruh sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang tentang pentingnya membangun nilai-nilai kampus hijau berkelanjutan agar bisa menuju dan menjadi kampus InSani yang mendunia. (if,2021).

Header

PENGUMUMAN: DISPENSASI MASA PEMBAYARAN UKT DAN LAYANAN AKADEMIK

Sehubungan telah berlangsungnya pembayaran UKT pada semester ganjil tahun akademik 2021-2022 (2022.1). Dengan ini kami informasikan mahasiswa penerima beasiswa Transmigrasi belum bisa untuk melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) karena pihak Kementerian Transmigrasi belum mentransferkan UKT mahasiswa penerima beasiswa Transmigrasi.

Surat pemberitahuan dapat diunduh DI SINI

3

WUJUDKAN GREEN CAMPUS HIMSI FST TERIMA BANTUAN POHON BUAH DARI DINAS KEHUTANAN PROVINSI SUMATERA SELATAN

HUMAS-FSTRF– Dalam rangka mewujudkan green campus yaitu sebuah kampus yang ramah dan asri, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Raden Fatah Palembang menerima bantuan bibit buah-buahan dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan yang penanamannya akan digelar pada waktu Hari Bumi beberapa waktu yang akan datang.

Penyerahan Pohon dan bibit buah-buahan tersebut langsung diterima oleh Dr. Muhammad Isnaini, M.Pd., sebagai Wakil Dekan 3 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah Palembang. (11/7). Menurutnya dalam rangka mewujudkan green campus FST sudah membentuk tim khusus untuk menggarap secara serius dan fokus yang diketuai oleh Dr. Irham Falahuddin, M.Si., selaku Wakil Dekan I. Tim ini bersama mahasiswa yang dikoordinir masing-masing HMPS yang ada dilingkungan FST untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, misalnya persiapan pohon, bibit, tanah yang fokusnya pada tanaman rumah tangga berbasis ke-Melayu-an, terangnya. 

Sesuai dengan gagasan serta arahan Rektor Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si., untuk mewujudkan green campus di UIN Raden Fatah, maka seluruh civitas akademika UIN Raden Fatah mulai bergerak cepat untuk mewujudkan cita-cita baik tersebut. Hal ini menurut Dr. Munir, M.Ag., selaku Dekan FST harus kita dukung bersama, mulai dari menjaga kebersihan, hemat energi, mengurangi penggunaan plastik di kampus dan menciptakan suasana nyaman dilingkungan kampus. Khusus di FST himbauan beliau harus bisa menciptakan suasana yang nyaman dan ramah, saya harapkan pola hidup kita harus betul-betul mencerminkan green campus, dan salah satu sarana prasarana untuk menjadikan kampus yang ideal dan berreputasi, pendukung utamanya yaitu prilaku dari dosen, pegawai dan mahasiswanya yang “green”, tuturnya.

Senada dengan pernyataan diatas Reza selaku wakil ketua HMPS Sistem Informasi mengatakan pohon buah yang diserahkan ke Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah ini adalah tanaman buah-buahan yang dipersiapkan untuk disekeliling Fakultas supaya memberikan manfaat bagi para mahasiswa semuanya dan khusus untuk ditanam di kampus B UIN Raden Fatah Palembang, untuk menambahkan pohon-pohon yangsudah ada dikampus yang belum lama ini diresmikan oleh Menti Agama RI. 

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera selatan diwakili salah satu Stafnya Salman mengatakan sangat senang sekali bisa bekerjasama dengan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah Palembang dan kerjasama ini tidak cukup sampai disini tetapi akan ditindaklanjuti dengan ikatan kerjasama berupa MOA dan SPK dan tidak hanya berwujud pemberian tanaman pohon untuk mewujudkan green campus tetapi mahasiswa FST bisa magang, PKL dan KP ke Dinas Kehutanan dan Balai-balai di bawah Kemantrian Kehutanan yang ada di Sumatera Selatan. (WD3 & BnR)