Sejarah Fakultas Sains dan Teknologi

Perkembangan pendidikan keagamaan di Sumatera Selatan, khususnya perkembangan Perguruan Tinggi Islam mengalami perubahan transformasi. Perguruan Tinggi keagamaan yang ada di Palembang dulu berstatus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang yang berdiri sejak 13 Nopember 1964 meliputi program studi keagamaan. Dari tahun 1964 s.d. 2014, IAIN masih memiliki 6 Fakultas yaitu Fakultas Syariah dan Hukum, Ilmu Tarbiah dan Keguruan, Ushuludin dan Pemikiran Islam, Adab dan Humaniora, Dakwah dan Komunikasi Islam serta Ekonomi dan Bisnis Islam. Dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan proses integrasi ilmu agama islam dengan ilmu lain serta mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, perlu dibentuk suatu perguruan tinggi universal. Oleh karena itu IAIN Raden Fatah perlu mencari solusi untuk menghadapi perubahan tersebut.

Perkembangan selanjutnya adalah transformasi keilmuan, yaitu menyatukan keilmuwan umum dan agama dalam suatu universitas. Tantangan ini terjawab dengan dikeluarkannya peraturan presiden nomor 29 tahun 2014 tertanggal 17 Oktober 2014, tentang perubahan status dari IAIN menjadi Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Berdasarkan peraturan tersebut, maka disusunlah organisasi tata kerja UIN Raden Fatah yang termaktub dalam statuta UIN Raden Fatah Palembang untuk menambah fakultas baru, salah satunya Fakultas Sains dan Teknologi.

Fakultas Sains dan Teknologi merupakan fakultas baru yang cikal bakalnya berada di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Berdasarkan surat Peraturan Menteri Agama RI nomor 53 tahun 2015, pasal 10 tertanggal 2 September 2015 yang isinya salah satu Fakultas yang ada di UIN Raden Fatah adalah Fakultas Sains dan Teknologi. Awal berdirinya Fakultas Sains dan Teknologi memiliki 2 program yaitu program studi Biologi dan Kimia, ini berdasarkan surat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 273A/P/2014 tertanggal 9 Oktober 2014 tentang izin prodi-prodi di UIN Raden Fatah Palembang.

Untuk mengelola fakultas baru, maka dipilih dan dilantiklah kepengurusan Dekan dan Wakil Dekan berdasarkan Keputusan Rektor. untuk Fakultas Sains dan Teknologi unsur pimpinan fakultas pada awal terpilih adalah Dr. Dian Erlina, S.Pd., M.Hum. (Dekan), Dr. Irham Falahudin, M.Si. (Wadek Bidang Akademik dan Kelembagaan) dan Gusmelia Testiana, M.Kom. (Wadek II Bidang Administrasi Keuangan dan Kepegawaian). Sejak tahun 2015 telah melakukan operasional yaitu menerima mahasiswa baru untuk program studi biologi dan kimia.