WhatsApp Image 2023-04-03 at 12.36.50

SERI 12 – MENGINGATKAN DIRI

MERAIH KEBERKAHAN DENGAN BERBUAT BAIK PADA ORANG TUA DIBULAN RAMADHAN

Oleh : Muhammad Isnaini

Dalam bulan Ramadhan, melakukan kebaikan pada orang tua merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan diberkahi oleh Allah SWT. Dalam Al-Quran, terdapat banyak ayat yang menunjukkan pentingnya berbuat baik pada orang tua. Berbuat baik pada orang tua merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama dalam bulan Ramadhan. Hal ini didukung oleh ayat-ayat dalam Al-Quran dan hadis-hadis yang mengajarkan pentingnya berbuat baik pada orang tua. Berikut beberapa ayat Al-Quran dan hadis yang berkaitan dengan hal tersebut:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik pada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang mulia.” (Al-Isra: 23)

Sesungguhnya Allah SWT mencintai orang yang berbuat baik kepada orang tuanya.” (Al-Baqarah: 83)

Jika ada seseorang yang ingin memperbaiki kehidupannya di akhirat, maka hendaklah ia berbuat baik kepada orang tuanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidak akan diterima amalan seseorang yang durhaka kepada orang tuanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dijelaskan juga dalam al-quran “Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Tuhanku, sayangilah mereka sebagaimana mereka berdua telah mendidikku waktu kecil’.” (Al-Isra: 24)

Ayat ini menunjukkan bahwa kita harus merendahkan diri dan bersikap penuh kasih sayang pada orang tua, serta selalu berdoa untuk kebaikan dan keselamatan mereka.

Dari ayat-ayat Al-Quran dan hadis di atas, dapat disimpulkan bahwa berbuat baik pada orang tua merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dalam bulan Ramadhan, kita dapat meningkatkan amalan kita dengan berbuat baik pada orang tua. Kita dapat melakukan hal-hal seperti mengunjungi mereka, membantu mereka dalam tugas-tugas rumah tangga, memperhatikan kesehatan mereka, serta memberikan perhatian pada kebahagiaan dan kebutuhan mereka.

Dengan berbuat baik pada orang tua, kita akan mendapatkan keberkahan dan pahala yang besar dari Allah SWT. Selain itu, berbuat baik pada orang tua juga dapat membantu kita memperbaiki kehidupan kita di dunia dan di akhirat. Oleh karena itu, marilah kita berusaha untuk selalu berbuat baik pada orang tua kita, bukan hanya di bulan Ramadhan, tetapi juga sepanjang tahun. Wallahua’lam Bisshowab.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *