PENGUATAN KELEMBAGAAN DENGAN TERBITNYA TIGA PEDOMAN DASAR BIDANG AKADEMIK UIN RADEN FATAH PALEMBANG DI LAMPUNG

Penguatan Kelembagaan menjadi hal yang utama untuk menjaga mutu pendidikan di Perguruan Tinggi. Hal ini selalu dilakukan oleh Tim Akademik UIN raden Fatah Palembang untuk membuat dan merevisi beberapa buku pedoman yang berkaitan dengan bidang akademik.  Sejak tahun 2020, tim akademik sudah menggodok beberapa pedoman untuk peningkatan kualitas layanan akademik kepada masyarakat. Buku pedoman yang dibuat berguna bagi lembaga UIN Raden Fatah Palembang untuk menyusun strategi percepatan kuliah bagi mahasiswa dan mendukung kualitas lulusannya dengan memberikan surat keterangan keterampilan lainnya yang dimiliki oleh Mahasiswa untuk dapat bersaing didunia kerja nyata.

Penguatan kelembagaan yang dilakukan oleh tim akademik adalah menyusun dan merevisi buku Pedoman Akademik UIN Raden Fatah dengan ketua tim Dr. Irham Falahudin, MSi, penyusunan pedoman SKPI (Ketua Tim Dr. Amilda, M.Hum) dan penyusunan pedoman kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (ketua Tim: Dr. yenrizal, M.Si). Kegiatan ini telah dilaksanakan di Hotel Horison Lampung selama tiga hari (3-5/9/2021). Kegiatan ini telah di buka seara langsung oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain WR 1, WR2, Kepala Biro AUPK dan AAKK, Seluruh WD 1 di lingkungan UIN Raden Fatah, Sekretaris Senat dan Panitia dari BAAK. Dalam sambutannya rector berharap dari pedoman yang dirancang dan sudah disusun perlu dirancang strategi dan penguatan lainnya agar bias terlaksana dengan baik. Perlu di sosialisasikan ke segenap sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang.

Hasil diskusi yang panjang dan hanpir satu tahun, agenda pengesahan ketiga pedoman tersebut menjadi momen penting untuk menjadi cirri khas UIN Raden Fatah Palembang dengan UIN lainnya. Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Senat bahwa semua pedoman yang dibuat pada prinsipnya didukung agar peningkatan kualitas akademik juga dibarengi dengan kualitas sarana pendukungnya ujar Dr. Komaruddin, M.Ag (Sekretaris Senat). Dengan demikian semua pedoman menjadi rujukan sivitas akademika UIN raden Fatah Palembang untuk melaksanakan kegiatan akademik di kampus ini.

Akhirnya dengan suara bulat dari seluruh peserta yang hadir dapat menyetujuinya. Pada saatnya nanti akan disosialisasikan dan diseminasikan secara berkelanjutan oleh tim akademik kepada semua sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang secara bertahap, agar pada tahun 2021 ini secara serentak pemberlakuannya. Diakhir acara, secara simbolis masing-masing pedoman diserahkan kepada pihak rektorat dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor I (Dr. Muhammad Adil, MA.) untuk dibuatkan SK rektornya (irhamf/tim akademik)

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *