PRODI BIOLOGI MENGIKUTI KONGRES NASIONAL ASOSIASI DOSEN BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI PTKI DI JAMBI

HUMAS-FST– Asosiasi Dosen Biologi dan Pendidikan Biologi merupakan salah satu wadah berhimpun dosen-dosen biologi dan pendidikan Biologi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI. Berdasarkan hasil rapat koordinasi pengurus, maka ditunjuklah Prodi Pendidikan FITK UIN Jambi sebagai tuan rumah untuk melaksanakan kegiatan Kongres Nasional ADBPB tahun 2021. Dengan berakhirnya kepengurusan asosiasi masa bakti 2018-2021, maka dilaksanakan Kongres Nasional untuk bermusyawarah pemilihan pengurus selanjutnya periode tahun 2021-2024.

Kongres Nasional Asosiasi Dosen Biologi dan Dosen Pendidikan Biologi Tahun 2021 telah dilaksanakan di UIN Jambi pada tanggal 2-3/9/2021. Acara dilaksanakan bersamaan dengan Seminar Nasional di Prodi Pendidikan Biologi UIN Jambi, dengan tema   “Optimalisasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Bagi Dosen P. MIPA dan ADBPB di Lingkungan PTKI dalam Upaya Peningkatan Peringkat Akreditasi 9 Kriteria”.  Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FITK UIN Jambi (Dr. Fadhillah, MA), dengan system semi daring. Kegiatan Seminar dilaksanakan secara daring, sedangkan kongres dilakukan secara semi daring, hadir peserta luring dari UIN Raden Fatah Palembang diwakili oleh Ketua Prodi (M. Lutfika Tondi, M.Sc) dan WD I FST (Dr. Irham Falahudin, M.Si/Wakil Ketua II), Ketua Prodi Biologi UIN Bandung, Ketua Prodi Biologi UIN Jakarta, UIN Makasar dan IAIN Kerinci dan tuan rumah UIN Jambi.

Kongres dilaksanakan secara semi daring diikuti oleh 14 PTKI dari 19 PTKI anggotanya. Secara umum kongres memutuskan bahwa pelaksanaan ini telah memenuhi kuorum, sehingga kongres tetap berlangsung. Kongres dipimpin oleh Ketua (Dr. Mashuri Masri, M.Kes), Wakil Ketua (Dr. Irham Falahudin, M.Si) dan Sekretaris (Dr. Tri Cahyanto, M.Si) yang hadir secara luring memimpin jalannya siding. Kegiatan dimulai dengan evaluasi laporan program kerja tahun 2018-2021, selanjutnya evaluasi diberikan oleh anggota untuk pimpinan kedepan.  Secara umum, hasil kongres memilih secara aklamasi Dr. Mashuri Masri, M.Kes (ketua lama) untuk menjadi ketua formatur menyusun kepengurusan asosiasi masa bakti 2021-2024 kedepannya dengan melihat kebutuhan asosiasi dosen biologi dan pendidikan Biologi. Kongres ini menjadi penting untuk menjalin networking antar perguruan tinggi serta tindak lanjut untuk kegiatan MBKM antar prodi di PTKI. Oleh karena itu, hasil kongres ini menjadi penting bagi prodi Biologi UIN Raden Fatah Palembang yang lagi mempersiapkan rekareditasi criteria 9 seusai dengan hasil seminar dan kongres untuk memberikan penguatan kepada lembaga prodi (irhamf/2021).

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *