WhatsApp Image 2021-05-10 at 11.34.07

IMPLEMENTASI MBKM PADA KEGIATAN KULIAH TAMU KOLABORASI PRODI BIOLOGI FST UIN RADEN

(FST-Rafah) Sejak dilakukannya MoA antara Fakultas Sains dan TeknologiUIN Raden Fatah Palembang dengan Universitas Negeri Padang (UNP) sudah ada dua kali implementasi bentuk tindak lanjut kerjasama, baik tingkat fakultas maupun tingkat prodi. Tindak lanjut ini merupakan salah satu bentuk implementasi untuk mempersiapkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi. Hampir dua tahun berjalan bentuk kerjasama yang akan di tindak lanjuti selalu terkendala dengan jadwal dan masa pandemi ini.

Setelah kegiatan budi pekerti pada tahun 2019 yang lalu di UNP dengan peserta seluruh dosen non kependidikan diutus untuk mengikuti kegiatan tersebut. Setelah dua tahun, pada hari kamis (6/05/2021) yang lalu telah dilakukan tindak lanjut kedua bentuk kerjasama antara FMIPA prodi Biologi UNP dengan Prodi Biologi FST UIN Raden Fatah Palembang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk kuliah bersama dengan tim teaching sebagai bentuk rekognisi dosen pada mata kuliah “Pengelolaan Lahan Pasang Surut dan Lahan Gambut”. Mata kuliah ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2020/2021 untuk mahasiswa angkatan 2018. Sebagai mata kuliah pilihan, perlu kolaborasi untuk menambah cakrawala berpikir mahasiswa yang kritis dalam mengenal dan mengelola lahan pasang surut dan lahan gambut pada bidang biodiversity. Pada kesempatan ini pada materi ”Komponen Fisiologi dan Morfologi Pembentukan Lahan Pasang Surut”. Narasumber pada kegiatan ini Dr. Irham Falahudin, M.Si (Dosen Biologi/Wadek 1) dengan kolaborasi narasumber kedua kandidat Dr. Irma Leilani, M.Si (Prodi Biologi UNP) sebagai tim teachingnya. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring, melalui media zoom.

Animo mahasiswa juga cukup baik dalam kegiatan ini, materi yang disampaikan oleh Ibu Irma Leilani memacu motivasi mahasiswa untuk bertanya. Kolaborasi perdana ini meruapakan salah satu bentuk kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Prodi Biologi UIN Raden Fatah Palembang, sudah memulai dengan kuliah bersama tim dosen secara daring. Kedepan perlu ditingkatkan lagi bentuk kegiatan lain MBKM antara kedua institusi sebagai bentuk tuntutan borang akreditasi kriteria APS 4.0. Banyak hal yang bisa dilakukan secara bersama dalam implementasi MBKM dengan UNP seperti kuliah bersama diluar kampus, joint research, pengabdian kepada masyarakat bersama.

Semoga kegiatan ini dapat ditindak lanjuti dengan mata kuliah yang lain atau dengan kegiatan MBKM lainnya dengan output dan outcome yang jelas. Sebagai langkah awal menjadi pembuka kegiatan MBMK lainnya di prodi Biologi FST UIN Raden Fatah Palembang. (IF)

Tags: No tags

2 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *