20210418204159okejjd

DEMA UIN RADEN FATAH GELAR PKMTM DI BULAN RAMADHAN

HUMAS-UINRF — Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Menengah (PKMTM) merupakan salah satu program DEMA UIN Raden Fatah untuk meningkatkan Kapasitas Mahasiswa menjadi seorang Leader di Kampus Biru UIN Raden Fatah Palembang.

Irfan Kholil Menteri Sosial & Politik DEMA UINRF mengungkapkan sejak Bulan Maret 2020 kemarin semua kegiatan perkuliahan dirumahkan termasuk kegiatan Kemahasiswaan yang tentunya sangat berdampak pada semangat mahasiswa dalam berorganisasi yang bertugas menjalankan peran sebagai Agent of Social Control.

Alhamdulillah sebelum memasuki Bulan Ramadhan yg penuh berkah ini telah ditemukan Vaksin yang diharapkan dapat menekan perkembangan Covid-19. Meskipun telah ditemukan Vaksin, DEMA UIN Raden Fatah Palembang melalui Kementrian Sosial & Politik menggelar kegiatan PKMTM yang di selenggarakan di Bulan Ramadhan dengan mengikuti Protokol Kesehatan.

Dalam sambutannya Satria Prima selaku Presiden Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang menjelaskan bahwa Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa di Kampus Biru UIN Raden Fatah ada tiga tahapan, yang pertama Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar, yang kedua Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Menengah  dan ketiga Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Akhir atau Lanjutan.

Satria juga menyampaikan tugas seorang pemimpin itu sangatlah berat dalam mengemban Amanah. Apalagi sebagai mahasiswa yang notabene kampusnya berlandaskan Islam dibawah naungan kementrian agama, disamping memiliki tanggungjawab sebagai Pengontrol sosial juga memiliki beban moral yang tinggi untuk menerapkan kepemimpinan yang bersifat profetik.

Hadir dalam pembukaan PKMTM tersebut Rektor UIN Raden Fatah diwakili oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Sains dan Teknologi yaitu Bapak Dr. Muhammad Isnaini, S.Ag., M.Pd., sekaligus membuka acara. Beberapa pesan beliau, bahwa output kegiatan PKMTM ini paling tidak ada tiga yaitu pertama, terwujudnya kampus sebagai pusat Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasis integrasi ilmu yang selalu melibatkan mahsiswa, kedua, terciptanya system manajemen kepemimpinan dan kelembagaan yang sehat serta terwujudnya tata ruang lingkungan dan iklim kampus yang islami, dan ketiga, terwujudnya jejaring kerjasama dengan Lembaga lokal, nasional dan internasional sesuai visi UIN Raden Fatah. Oleh karena itu kepada para peserta diharapkan dapat membentuk karakter untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan pribadi mahasiswa yang berkualitas dan mampu mengkritisi dinamika kehidupan sosial.

Ikut dalam kegiatan PKMTM kali ini sebanyak 45 orang mahasiswa yang terdiri dari 9 Fakultas yang ada dilingkungan UIN Raden Fatah Palembang, yang mengusung tema melahirkan The Next Leader kampus Biru UIN Raden Fatah Palembang yang Unggul, Berwawasan Luas serta Berkarakter Islami.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *