Workshop Akreditasi

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI MENYUSUN STRATEGI MENGHADAPI AKREDITASI UNGGUL

Humas FST, 2 Februari 2021, Fakultas Sains dan Teknologi mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Akreditasi berbasis 9 Kriteria dengan mengundang Tim LPM UIN Raden Fatah sebagai Narasumber bertempat di ruang kuliah Fakultas Sains dan Teknologi Kampus B Jakabaring UIN Raden Fatah Palembang. Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi, ketua dan sekretaris Gugus Penjamin Mutu Fakultas (GPMF), ketua dan sekretaris Gugus Pengendalian Mutu Prodi (GPMP), Ketua dan Sekretaris Prodi, Kagab dan Kasubag. Kegiatan dibuka oleh Dekan I yaitu Dr. Irham Falahudin, M.Si., dalam sambutannya bahwa Prodi yang akan diakreditasi dalam waktu dekat ini adalah program studi Biologi, tetapi untuk memperkenalkan borang akreditasi 9 kriteria ini maka semua Prodi yang ada dilingkungan FST dilibatkan semuanya termasuk tenaga kependidikannya. Memang tujuan kita untuk mensosialisasikan borang tersebut karena penerimaan kita belum sama artinya apa yang kita terima dari TIM LPM ini menjadi tolak ukur buat prodi yang akan mengusulkan borang ke BANPT, nantinya.

Hadir dari LPM UIN Raden Fatah Palembang Sekretaris LPM beserta kapus-kapus yang ada didalamnya. Sebagai narasumber kegoatan ini adalah sekretaris LPM yaitu Ibu Indrawati, S.S.,M.Pd, beliau menjelaskan tentang Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 yaitu Laporan Evaluasi Diri dan Laporan Kinerja Program Studi, pada kesempatan ini beliau juga menyampaikan tekhnik pengiasian borangnya, karena ini 9 kriteria harus ada yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah Unit Pengelola Program Studi didampingi oleh GPMF dan GPMP pada prodi masing-masing. Dan borang yang kirim ke BAN PT adalah Laporan Evaluasi Diri, Laporan Kinerja Program Studi dan aplikasi Excel, yang merupakan data yang sudah matang dan mempunyai bukti yang akurat baik itu pada hardcopynya maupun softcopy yang biasanya oleh beberapa Fakultas dan Prodi dimasukkan kedalam website mereka masing-masing. Salah satu tugas UPPS tersebut adalah untuk mencapai visi pada kriteria 1, mencakup Tata Pamong, Tata Kelola, Mahasiswa, Kerjasama dan lain sebagainya dan Program Studi untuk menyusunan Borang 9 kriteria sekarang ini hanya berfokus pada Pendidikan, Pengajaran dan Pengabdian.

Kegiatan ini juga akan dilanjutkan kependampingan penyusunan borang akreditasi tersebut, namun sebelumnya Wakil Dekan I dan ketua Prodi Biologi untuk menyusun timnya agar Laporan Evaluasi Diri, Laporan Kinerja Prodi dan aplikasi exelnya terselesaikan dengan baik. Hadir dalam kesempatan ini seluruh dosen Prodi Biologi dan tenaga kependidikan yang terkait dengan data akademik dan non akademik. Semoga berhasil….. (wd3fst).

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *