rapid

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI MELAKSANAKAN RAPID, SWAB TEST DAN PCR KERJASAMA BTKLPP- SUMSEL UNTUK DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Humas UIN RF, 17 Desember 2020, Di Sumatera selatan hingga saat ini yang terkonfermasi sebanyak 617.820 orang dan Kota Palembang sebanyak 4.633 orang, termasuk ada beberapa Dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang. Usaha untuk memutuskan mata rantai penularan covid-19 ini yang dilakukan oleh Rektor melalui Satgas Covid-19nya salah satunya adalah menerapkan protocol kesehatan 3M, sistem piket pada Fakultas, Lembaga dan Unit serta memberikan despensasi kepada Dosen dan Tenaga Kependidikan yang terdampak Covid-19 untuk isolasi mandiri melalui evaluasi surat edaran setiap 24 hari sekali. Seperti Surat Edaran nomor B-863/Un.09/1.1/HK.00.7/12/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) dilingkungan UIN Raden Fatah palembang, salah satu isinya adalah seluruh ASN/Mahasiswa/i masyarakat yang hadir dilingkungan atau kantor UIN Raden Fatah Palembang dan unit menerapkan protokol kesehatan, seperti wajib menggunakan masker, menjaga jarak (tidak berkerumun, tidak kontak fisik.

Fakultas Sains dan Teknologi yang secara kebetulan Anggota Satgas Covid 19 UIN Raden Fatah ada juga didalamnya bekerjasana dengan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Penanggulangan Penyakit (BTKLPP) Sumatera Selatan mengadakan penanganan dini yakni Rapid Test, SWAB Tes dan PCR dilapangan Parkir kantor Pusat UIN Raden Fatah. Peserta yang ikut mendaftar sebanyak 142 orang yang terdiri dari seluruh pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan. Petugas dari BTKLPP sebanyak 10 orang yang terdiri dari perawat dan dokter memeriksa dengan pakaian lengkap baik itu untuk Rapid Test, SWAB Test dan PCR.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Nyayu Khadijah, M.Si selaku Rektor menyambut baik gagasan yang doprakarsai oleh Fakultas Sain dan Teknologi ini, karena kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang sangat positif dan membantu pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 yang saat ini Palembang telah berstatus zona merah yang kedua kalinya. Dan beliau juga mengucapkan terima kasih kepada kepala BTKLPP yang telah bekerjasama dengan UIN Raden Fatah, untuk ke depan kerjasama ini akan ditindak lanjuti dengan rangkaian kegiatan lain yang tentunya sesuai dengan bidak dan kajiannya masing-masing untuk menunjang visi dan misi UIN Raden Fatah ke depan.

Ketua Panitia Dr. Delima Engga Maretha, M. Kes mengatakan terima kasih yang tidak terhingga pada Rektor dan segenap pimpinan yang telah antusias menyambt kedgiatan ini walaupun situasi sekarang lagi banyak-banyaknya kegiatan dan diujung tahun yang biasanya kita sudah berpikir tuk liburan. Beliau juga menegaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah pertama, untuk memastikan kesehatan dan keamanan dosen dan tenaga kependidikan dari penyebaran Covid 19, kedua, membantu program pemerintah melaksanakan 3T yakni testing(pemeriksaan), tracing (penelusuran kontak), dan treatment (perawatan/isolasi) dan yang ke tiga realisasi MOU kerjasama antara UIN Raden Fatah dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Penganggulangan Penyakit (BTKLPP) Sumsel.

Kegiatan diakhiri pukul 12.00 Wib dan hasil dari pemeriksaan tersebut ada beberapa dosen dan tenaga kependidiakn yang telah di Rapid Tes dilanjutkan ke SWAB Tes dan PCR dikarnakan hasilnya reaktif, Jum’at sore hasil SWAB dan PCR tes akan keluar, namun kata dr. Delia selaku tenaga kesehatan di UIN Raden Fatah mereka yang di SWAB dan PCR tetap dan harus melakukan isolasi mandiri selama 10 hari dengan berolah raga rutin, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan tidak kontak sesame keluarga dan teman-teman di luar. (wd3).

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *