dp(5)

RANKING 50 BESAR UIN RADEN FATAH MENUJU KAMPUS HIJAU DAN BERKELANJUTAN TINGKAT DUNIA PADA UI GREEN METRIC TAHUN 2020

Sejak dilakukan perankingan kampus hijau di Indonesia dan dunia oleh UI Green Metric pada tahun 2010 yang lalu, selalu mengalami peningkatan jumlah pesertanya. Pada tahun ini pesertanya ada 88 Perguruan Tinggi di Indonesia dan 912 Universitas di dunia dari 84 negara. UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Pada tahun 2020 ini untuk  pertama kalinya kampus UIN Raden Fatah Palembang berpartisipasi mengikuti penilaian kampus hijau dan berkelanjutan  yang dilaksanakan oleh UI Green Metric. Hasilnya  telah diumumkan kemarin (7/12/2020) bertempat di kampus Universitas Indonesia-Depok  secara daring. Penilaian UI GreenMetric 2020 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).

Hadir dalam acara ini Menteri Ristek RI (Bambang Brodjonegoro) dalam sambutannya beliau mengapresiasi inisiatif UI melalui UI GreenMetric yang menjadi lembaga pemeringkatan pertama dan satu-satunya dari Indonesia yang melibatkan ratusan perguruan tinggi di dunia. Selain itu, Menteri Bambang Brodjonegoro juga mendukung inisiatif UI GreenMetric yang membuat pemeringkatan berdasarkan komitmen dan tindakan nyata atas penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

Sejak terbentuknya tim green campus UIN Raden Fatah dengan SK Rektor pada bulan Pebruari 2020 yang di motori oleh Dr. Irham Falahudin, M.Si (sebagai ketua), Dr. Yenrizal (wakil ketua) dan Dr. Delima Engga Maretha, M.Kes (sekretaris), dengan anggota  Ainur Ropik, M.Si (FISP), Andi Sairi, M.Pd. (FITK), Siti Rodiah, M.Si (FST, Catur Eri Gunawan, M.Cs, (FST), Khlaida Ulfa (FITK), Jumansyah, M.Kom (PusTIPD), Indra Yuhanto, M.Si (Bag.umum), Ardiansyah, S.Pd. (bag. Ortala) terus berupaya menyusun data untuk bisa berpartisipasi pada kegiatan ini. Kegiatan perdana dimulai dengan kerjsama dengan BKSDA dalam penghijauan kampus dan pembuatan biopori. Sebagai peserta perdana, UIN Raden Fatah Palembang berhasil meraih hasil yang cukup baik yaitu masuk peringkat 45 (total nilai  4725) kampus hijau di Indonesia dan peringkat 563 kampus hijau di dunia dari 912 Universitas Dunia. UIN Raden Fatah menjadi kampus hijau  ranking 4 untuk seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Hasil ini direspon sangat baik oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang (Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag. M.Si) yang siap mendukung tim ini untuk menjadikan lembaga UIN Raden Fatah menjadi kampus hijau dan berkelanjutan kedepannya. Begitu juga respon dari Prof. Drs. M. Sirosi, Ph.D selaku rektor sebelumnya mengapresiasi dengan baik prestasi yang telah diraih untuk menjadikan UIN Raden Fatah menjadi kampus hijau dan ramah lingkungan. Kedepan diperlukan lembaga khusus yang fokus pada penataan lingkungan kampus hijau.

Usaha dan kerja keras serta kekompakan tim terbayar sudah, atas nama tim kita ucapkan alhamdulillah atas capaian prestasi ini serta ucapan terima kasih untuk semua tim green campus UIN Rafah untuk mewujudkan mimpi ini masuk dalam jajaran kampus hijau di Indonesia dan dunia.  Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pimpinan di rektorat, dekanat, unit/lemabaga yang telah memberikan kepercayaannya kepada tim Green Campus UIN Rafah, dengan harapan semoga pada tahun 2021 ada peningkatan hasil yang lebih baik untuk menjadikan kampus UIN Raden Fatah Palembang yang hijau dan berkelanjutan. (if)

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *