UIN 18

Webinar Series 3# Prodi Sistem Informasi

Senin , 7 September 2020 Prodi Sistem Informasi Fakultas Saintek dan Teknologi UIN Raden Fatah Palembang telah melaksanakan Webinar Series ke 3 dengan tema “Memajukan Sektor UMKM dan Peluang Bisnis Dimasa Pandemi Covid’19 Melalui Media E – Commerce”.

Kegiatan ini dilaksankan menggunakan media daring yaitu aplikasi zoom yang dihadari puluhan peserta, baik dari para dosen maupun mahasiswa kampus lain yang ada di Sumatera. Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara yaitu saudari Anggi Sefti Utami (Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UIN Raden Fatah Palembang) dan saudara Husein Barus (Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UIN Raden Fatah Palembang) dan 3 Pembimbing yaitu Bapak Reza Ade Putra M.Cs (Dosen Prodi Sistem Informasi UIN Raden Fatah Palembang), Bapak M. Leandry Dalafranka M.Kom (Dosen Prodi Sistem Informasi UIN Raden Fatah Palembang), dan Ibu Evi Fadilah M.Kom (Dosen Prodi Sistem Informasi UIN Raden Fatah Palembang). Peserta pada webinar kali ini sangat antusias sekali dengan pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan kepada pemateri mengenai E-Commerce.

Pembicara pertama, Saudari Anggi menyampaikan bahwa media E-Commerce merupakan solusi dan memiliki manfaat yang besar terhadap dunia bisnis, apalagi dimasa pandemi covid’19 ini, sehingga mempermudah bagi para pelaku bisnis dalam memasarkan produknya secara online melalui media E-Commerce. Serta membuka peluang bisnis bagi para pelaku bisnis yang sudah terjun duluan maupun pemula yang ingin memulai membuka usahanya yang akan di pasarkan melaui media E-Commerce. e-commerce mampu memberikan kemudahan bagi para konsumen dalam pencarian informasi mengenai kebutuhan dan keinginan mereka. Dengan demikian adanya pandemi covid 19 ini memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis.

Selanjutnya, Saudara Husein Barus selaku pembicara kedua mengungkapkan bahwa E-Commerce merupakan sebuah trobosan besar dalam dunia UMKM,apalagi diera digital seperti sekarang, sehingga mempermudah bagi para pelaku UMKM dalam menjajakan barang dagangannya secara lebih luas dan memiliki pasar yang lebih jauh. Melalui E-Commerce para pelaku UMKM dapat sangat mudah berinteraksi dengan para konsumen walaupun memiliki jarak yang cukup jauh diantara keduanya. E-Commerce merupakan jembatan penghubung yang memberikan akses kemudahan bagi para pelaku UMKM maupun para konsumen dalam memenuhi segala kebutuhan yang mereka butuhkan. Dengan demikian para pelaku UMKM dapat menghemat anggaran dalam pemasaran dan dapat menjadikan keuntungan tersendiri dari penggiat UMKM.

Kegiatan webinar ini adalah kegiatan kuliah kerja lapangan (KKL) mahasiswa prodi Sistem Informasi UIN Raden Fatah Palembang. Berhubung bencana pandemi Covid-19 merambah ke dunia pendidikan, kegiatan yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka terjun ke lapangan terpaksa tidak bisa dilakukan karena harus mengikuti aturan pemerintah sehingga kegiatan ini dilakukan secara online (daring) dan mahasiswa dituntut untuk menjadi narasumber pada webinar tersebut.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *