Foto Berita 1(1)

3MT Pitch (Three Minutes Thesis Pitch), Oleh-oleh Dosen Prodi Kimia FST UIN RF dari Australia

FST— Pada tanggal 1 November 2019, Kementerian Agama memberangkatkan 10 dosen PTKIN dan PTKIS ke Australia dalam rangka Short Course Overseas Research Methodology. Kegiatan yang didanai oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tahun Anggaran 2019 bekerjasama dengan Monash Herb Feith Indonesian Engagement Centre dan Monash Faculty of Art sebagai penyelenggara kegiatan. Kegiatan ini berlangsung selama sembilan belas hari (4-22 November) di Monash University, Melbourne, Australia.

Salah satu peserta Siti Rodiah, S.Pd., M.Si dosen prodi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang menjelaskan bahwa kegiatan ini terbagi menjadi tiga sesi dalam tiga minggu. Minggu pertama pedalaman materi terkait metodologi riset, minggu kedua workshop penulisan dan publikasi, dan minggu terakhir networking dan kolaboratif riset. Masing-masing sesi dilakukan melalui kuliah klasikal dan workshop yang disampaikan oleh ahli professional dari Monash University yang berpengalaman dikancah internasional.

Siti Rodiah mengatakan ada satu sesi yang menarik dan penuh tantangan diminggu pertama, yaitu ketika saya dan peserta short course lainnya diminta oleh Prof. Ariel Heriyanto (Director of the Monash Herb Feith Indonesian Engagement Centre) untuk mempresentasikan proposal riset dalam waktu 3 menit. Di Australia presentasi seperti ini dikenal dengan istilah 3MT Pitch (red: three minutes thesis pitch). Ini cukup menantang kami semua. “Peserta harus mampu menjelaskan dengan detail terkait risetnya dalam waktu yang cukup singkat dan tentunya dalam Bahasa Inggris. Ini adalah pengalaman baru bagi saya” tuturnya.

“Di Australia sudah dilakukan kontestasi 3MT Pitch di kampus-kampus. Siti Rodiah juga berharap di kampus UIN RF Palembang khususnya FST dapat menjadi pioneer dalam penerapan budaya akademik dari negeri kanguru tersebut” harapannya.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *