berita 2(1)

Adakan Seminar Dengan Tema K3, Prodi Biologi Datangkan Pemateri Seorang Profesor Jerman

Mengundang seorang Profesor dari Universitas Konstanz, Jerman yakni Prof. Dr. Ewald Daltrozzo (Emeritus), dan seorang praktisi ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Imam Riadi Batubara, S.T, Pihak Program Studi (Prodi) Biologi dari Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang mengadakan seminar yang bertema “Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)”. Acara ini berlangsung di Aula Lantai 4 Fakultas Saintek UIN RF Palembang, Sabtu, (21/04/2018).

Seminar ini diikuti oleh 65 Mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa prodi Biologi, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Kimia, dan Alumni Prodi Pendidikan Biologi. Turut hadir diantaranya Dr. Irham Falahudin, S.Pd, M.Si selaku Wakil Dekan I Saintek, Anita Puji Raharjeng, Msi, BioMed, Sc selaku kepala Prodi Biologi, Seluruh Dosen Prodi Biologi, Dosen Prodi Pendidikan Biologi, dan Staf Adminitrasi Fakultas Saintek.

Ewald Daltrozzo (Emeritus”Potensi terjadinya kecelakaan kerja di dalam laboratorium penyebab utamanya adalah kelalaian atau kecerobohan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan dengan cara membina dan mengembangkan kesadaran akan pentingnya K3 di laboratorium.” Ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Occupational Health and Safety (OHS) memerlukan perhatian khusus, misalnya, dalam pelaksanan penelitian yang rentan terhadap terjadinya kecelakaan kerja. Oleh karena itu, K3 telah melekat pada pelaksanaan praktikum dan penelitian di laboratorium. Karena, laboratorium merupakan tempat untuk melakukan eksprimen dengan berbagai bahan, termasuk bahan kimia dan alat khusus.

Imam Riadi Batubara “Dalam bekerja kita harus selalu berhati-hati dan harus mematuhi semua prosedur yang ada, serta selalu gunakan semua perlengkapan yang telah ditentukan untuk dipakai” tangkasnya.

Imam juga menambahkan kecelakaan dapat terjadi dan disebabkan oleh beberapa hal seperti, tingkah laku yang tak aman, kondisi yang tak aman, dan miss management. Kecelakaan tersebut bisa mengakibatkan kerugian berupa kerusakan jiwa/raga, harta, maupun peralatan.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *